Kardus Bekas Jangan Dibuang, Bisa Jadi Sumber Uang

Categories: Uncategorized

Harga kardus – Kardus yang terbuat dari kertas karton tebal adalah bagian dari kehidupan manusia yang tidak bisa lepas, sadar atau tidak. Pasalnya, hampir semua pembelian barang sekarang sudah menggunakan kardus sebagai tempat penyimpanannya baik yang berupa kardus coklat standar maupun kardus-kardus hias sebagai bungkus kado, dan packaging kardus lainnya. Kardus-kardus yang sudah tidak dipakai biasanya akan dibiarkan menumpuk di salah satu sudut ruangan yang apabila terlalu lama disimpan lama-lama bisa rusak misalnya karena kelembaban yang tinggi atau dirusak oleh hewan peliharaan yang usil.

Nah, bagi tingkat rumah tangga menyimpan kardus bukan jadi masalah yang besar karena jumlahnya tidak banyak. Tapi bagaimana dengan Anda yang pengusaha dan pada perusahaan yang membutuhkan dan memakai kardus dalam jumlah banyak. Apakah kardus yang sudah tidak dipakai akan dibiarkan jadi tumpukan sampah?

Jadikan sumber pendapatan lain!

Kardus-kardus yang tersimpan dan tidak terpakai bisa bernilai ekonomis karena kebutuhan kardus di Indonesia semakin meningkat. Anda bisa menjualnya ke para pengepul atau pedagang barang bekas untuk kemudian didaur ulang dan dijadikan barang yang baru atau dilebur untuk membuat kardus baru lagi. Menjual kardus bekas mungkin memang tidak begitu banyak berarti bagi keuangan Anda karena harga kardus bekas yang dijual ke pengepul biasanya hanya dihargai Rp. 1.500 – Rp. 2.500 saja per kilonya. Tetapi jika Anda punya banyak kardus tentu jumlahnya bisa lumayan ketika dikalikan. Yang terpenting adalah menyingkirkan tumpukan kardus bekas yang bisa jadi sarang jamur dan hanya jadi sampah dan hasil penjualannya bisa ditabung atau bahkan bisa jadi peluang bisnis Anda yang baru.

Mencicipi bisnis kardus bekas

Bagi Anda yang sedang cari ide untuk usaha, bisnis kardus bekas ini bisa jadi inspirasi untuk Anda. Kardus bekas bisa dengan cukup mudah Anda dapatkan dari mana saja misalnya dengan membeli kardus bekas dari para tetangga di lingkungan rumah, atau dengan mendatangi toko-toko dan warung yang pastinya punya banyak kardus bekas. Setelah terkumpul, Anda bisa mendatangi pengepul yang mau membeli kardus bekas Anda dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli Anda sebelumnya.

Modal yang Anda butuhkan untuk bisnis ini selain dari modal uang untuk beli kardus bekas adalah alat transportasi yang digunakan untuk mengangkut kardus. Selain ke pengepul, Anda juga bisa mendatangi ke pabrik kertas yang akan melebur kardus bekas dan membuatnya jadi kertas yang baru. Tapi untuk skala pabrik, biasanya ada batas minimal jumlah kardus yang bisa dijual ke mereka. Di Indonesia belum begitu banyak orang yang mengambil peluang ini karena kardus bekas yang dianggap sampah dan kotor, sehingga persaingannya biasa saja. Itulah dia cara untuk menjadikan kardus bekas sumber penghasilan Anda yang lain dengan mempertimbangkan harga kardus.

Your Thoughts